Efek Samping Setelah Operasi Usus Buntu

Pada umumnya mereka yang mengalami penyakit usus buntu memutuskan untuk melakukan tindakan operasi pembedahan pengangkatan usus buntu. Namun tahukah anda Efek Samping Setelah Operasi Usus Buntu ??

Efek Samping Setelah Operasi Usus Buntu

Selain meninggalkan luka bekas operasi, tindakan operasi usus buntu juga dapat menimbulkan dampak dan efek samping. Timbulnya rasa tidak nyaman ataupun nyeri setelah operasi merupakan salah satu komplikasi prosedur operasi yang sering terjadi. Pada operasi usus buntu umumnya keluhan dapat dibarengi oleh gangguan saluran cerna karena pembedahan dilakukan pada perut dan berkaitan dengan organ pencernaan. Kondisi ini merupakan kondisi yang normal dan dapat dialami oleh setiap orang paska prosedur operasi sehingga Anda tidak perlu merasa khawatir berlebih bila mengalaminya.

Namun demikian, Anda perlu waspada bila keluhan yang dialami sangat menganggu atau tidak wajar. Beberapa Efek Samping Setelah Operasi Usus Buntu yang patut anda waspadai antara lain :

  1. Gangguan Ginjal – Operasi usus buntu juga dapat mengancam kesehatan ginjal Anda di mana gangguan pada ginjal rupanya termasuk di dalam efek samping operasi usus buntu. Fungsi organ ginjal dapat rusak di mana cara kerja ginjal tak lagi maksimal seperti sebelumnya.
  2. Rasa Nyeri pada Perut – Pasca operasi, jangan heran apabila Anda mengalami Efek Samping Setelah Operasi Usus Buntu seperti masih suka merasa sakit atau nyeri di bagian perut ketika sedang istirahat atau beraktivitas biasa.
  3. Pembengkakan – Terjadinya pembengkakan pada bagian perut dapat menjadi salah satu efek samping dari setelah usus buntu di operasi.
  4. Sepsis – Sepsis adalah suatu kondisi yang mampu membuat jiwa pasiennya terancam hebat. Kondisi seperti ini mampu berpengaruh terhadap terhentinya suplai darah menuju organ-organ penting dalam tubuh, seperti ginjal dan jantung. Kerusakan permanen pada organ tersebut pun menjadi ancaman.
  5. Perdarahan – Perdarahan dapat terjadi pada pasien pasca operasi usus buntu.
  6. Infeksi – Infeksi merupakan salah satu efek samping yang paling umum terjadi setelah melakukan tindakan operasi, tak terkecuali operasi efek samping dari usus buntu. Ketika infeksi terjadi, maka yang dikhawatirkan adalah tanda-tandanya, yakni munculnya nanah.
  7. Demam – Infeksi pada tubuh pasien yang telah melakukan tindakan operasi pada umumnya menimbulkan demam.
  8. Penyakit Radang Selaput Otak – Meski yang dilakukan operasi adalah usus buntu, namun efek sampingnya bisa sampai memengaruhi bagian otak. Radang dapat terjadi di selaput otak yang menjadi akibat dari penyebaran infeksi.
  9. Sembelit – Sesudah melakukan operasi, ada kalanya pasien bakal mengalami sembelit alias konstipasi.
  10. Bau Tak Sedap pada Sayatan – Selain menimbulkan luka bekas operasi, efek samping lainnya yang patut Anda ketahui sebelum menjalani proses operasi usus buntu adalah adanya bau tak sedap tepat di area sayatan.

Itulah informasi tentang Efek Samping Setelah Operasi Usus Buntu yang dapat kami sampaikan. Semoga informasi tersebut dapat bermanfaat.

Baca Juga : Cara Mengobati Usus Buntu Paling Ampuh Tanpa Operasi

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*